Sabtu, 09 April 2016

POTENSI REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK SEBAGAI NEGARA SUPER POWER




Power (kekuasaan) adalah sesuatu kekuatan di mana seseorang dapat mengubah perilaku, orientasi, dan sikap seseorang atau sekelompok orang sesuai dengan keinginan sang pelaku demi mencapai suatu tujuan. Kekuasaan dapat terjadi karena adanya yang memerintah dan diperintah, bekerja dengan cara mempengaruhi tingkah laku orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung yaitu dengan menggunakan perintah yang diberikan oleh sang pemerintah, dan secara tidak langsung yaitu menggunakan suatu cara atau media yang tersedia.

Maka dari itu, kekuasaan adalah hal yang terpenting untuk dimiliki oleh suatu negara. Mengapa?

Kekuasaan atau kekuatan dalam suatu negara memiliki peran yang sangat penting untuk menjalin hubungan dengan negara-negara yang lain, demi terbentuknya hubungan diplomasi dan tercapainya tujuan suatu negara. Jika suatu negara mempunyai kekuatan yang besar, maka semakin besar pula peluang negara tersebut dalam mewujudkan kepentingan nasionalnya. Kekuatan yang dimiliki oleh suatu negara disebut kekuatan nasional (National power)

   

Tiap negara mepunyai tujuan dan kepentingan nasional yang berbeda-beda, maka dari itu strategi yang diambil oleh tiap negara juga berbeda. Kekuatan nasional (national power) dibagi menjadi dua macam, yaitu hard power dan soft power. 

Soft power adalah cara dimana suatu negara mempengaruhi negara lain dengan cara yang tidak memaksa, seperti diplomasi, budaya, dan informasi. Sedangkan hard power sifatnya memaksa, yaitu suatu negara mempengaruhi negara lain agar mengikuti perintahnya dengan cara memanfaatkan kekuatan militer dan ekonomi. Suatu negara dapat mempengaruhi negara lain dengan budaya yang dimilikinya.

Suatu kekuatan dalam negara digunakan untuk menarik negara lain agar memberikan uluran tangan dan bekerjasama dalam mencapai kepentingan nasional. Jika suatu negara tidak mempunyai kekuasaan atau kekuatan, maka dapat ditafsirkan bahwa diplomasi antarnegaranya tidak akan berhasil. Jadi, kekuasaan adalah hal yang sangat utama bagi senjata suatu negara dalam mencapai sebuah tujuan yang dilakukan melalui diplomasi dengan negara lain.

Sebuah negara adikuasa atau biasa disebut dengan negara super power adalah negara yang memiliki power yang kuat. Power yang dimaksut yaitu negara yang memiliki kekuasaan, pengaruh, dan kekuatan. Tentu saja saat ini negara yang sangat terkenal dijuluki sebagai negara super power adalah Amerika Serikat. Negara yang mempunyai sistem pemerintahan Republik Federal ini dijuluki sebagai negara super power setelah kemenangannya pada perang dunia ke-II, selain itu Amerika Serikat memiliki kekuatan politik, ekonomi, dan militer yang kuat, serta teknologi yang tinggi. 

Lalu apakah hanya Amerika Serikat saja yang mempunyai potensi untuk menjadi satu-satunya negara super power? Tentu saja tidak. 





Republik Rakyat Tiongkok adalah negara yang disebut-sebut dapat mengancam Amerika Serikat dalam merebut gelar negara super power, setelah mendapatkan julukan "negara adidaya kedua" dengan pengaruh global dan kekuatan yang mengimbangi Amerika Serikat. Tiongkok adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribukota di Beijing. Juga disebut Republik Rakyat Cina (RRC) sejak 28 Juni 1967 hingga 14 Maret 2014. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia (sekitar 1,35 milyar jiwa) dan luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi, menjadikannya ke-4 terbesar di dunia. 

Alasan saya memilih RRT sebagai negara yang berpotensi sebagai negara adikuasa karena perkembangan ekonomi, militer, industri dan komunikasi di Tiongkok sangat menakjubkan. 

Didukung dengan sistem globalisasi neoliberalisme yang mengagungkan pasar bebas, Tiongkok terbukti bisa menguasai pasar internasional. Bisa dilihat dari realita yang ada, produk-produk buatan Tiongkok menyebar sangat luas di berbagai negara termasuk Indonesia. Contohnya barang-barang elektronik yang kita gunakan sehari-hari seperti handphone, televisi, radio, remote, dan masih banyak lagi. Bahkan barang-barang lain seperti tas,kendaraan, mainan anak-anak, hingga pakaian juga buatan Tiongkok. 

Walaupun kualitas yang ada tidak begitu bagus apalagi tahan lama, tetapi produk-produk Tiongkok masih banyak diminati. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lain bahkan Amerika. Hal ini membuktikan bahwa Tiongkok yang dulu pernah diasosiasikan sebagai negara dengan perekonomian yang rendah, kini perlahan-lahan bangkit dan memunculkan kemungkinan untuk menyusul negara-negara barat sebagai adikuasa perekonomian negara. 

Selain perekonomian yang maju dengan pesat, kemajuan militer di Tiongkok juga tidak bisa dianggap remeh. Beberapa waktu yang lalu China sempat melakukan pengembangan senjata hipersonik dan sempat membuat militer Amerika Serikat merasa terancam, karena AS sendiri tidak memiliki senjata hipersonik.

 
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, negara yang mempunyai kekuatan adalah negara yang juga dengan baik melakukan hubungan diplomasi dengan negara lain. Dalam hal ini, Tiongkok memadukan kedekatannya dengan negara lain melalui pendekatan sejarah kebudayaan. Perayaan Tahun Baru Tiongkok atau biasa disebut dengan Imlek merupakan salah satu momentum yang populer di dunia, bahkan menempati posisi kedua setelah perayaan Tahun Baru Masehi. Selain imlek, pengaruh Tiongkok di dunia juga diperkuat oleh munculnya sebaran Chinese Overseas atau Tiongkok Perantauan ke seluruh penjuru dunia.

Berdasarkan data International Migration Organization (IMO), dari sekitar 200 juta migran di dunia, 39,5 juta di antaranya beretnis Tionghoa dan tersebar di 130 negara. Pemerintah Tiongkok juga secra resmi melakukan penyebaran budaya melalui film, olahraga, dan media lainnya. 




Negara yang sekarang mempunyai kekuatanpun, dulu sempat lengah dan mengalami konflik dengan negara lain. Tiongkok sendiri mempunyai konflik dengan Jepang sejak tahun 1931 yang berlanjut hingga tahun 1945. 

Pada 82 tahun silam, Pasukan Kekaisaran Jepang pernah menduduki Tiongkok. Pendudukan ini berlangsung hingga akhir Perang Dunia ke-II pada Agustus 1945. Akibat masalah kependudukan ini, hubungan Tiongkok dengan Jepang sedikit mengalami masalah. Invasi Jepang ke China ini dimulai dengan masuknya pasukan Jepang ke wilayah Manchuria. Di sana, mereka mendirikan negara boneka bernama Manchukuo. Pengerahan pasukan Jepang secara massal itu berlangsung sehari setelah "Insiden Mukden", insiden itu adalah hasil manipulasi militer Jepang dengan membuat skenario peledakkan rel kereta api milik perusahaan Jepang di dekat Kota Mukden, yang kini bernama Shenyang. Sabotase kecil-kecilan itu menjadi alasan bagi Jepang untuk menuding kaum pejuang nasionalis China sebagai pihak yang bertanggungjawab. Insiden ini pula yang membuat Jepang memutuskan mengirim bala tentara ke Tiongkok. Manipulasi yang dilakkan oleh Jepang tersebut terdengar oleh negara-negara lain, yang mengakibatkan Jepang menjadi dikucilkan secara diplomatik hingga Jepangpun keluar dari Liga Bangsa-Bangsa pada Maret 1933. Walaupun pernah diduduki oleh Jepang, tetapi Jepang tidak menguasai Tiongkok secara penuh. Maka dari itu, Tiongkok bisa dikategorikan sebagai negara yang tidak pernah dijajah.

Lalu diplomasi apa sajakah yang pernah dilakukan oleh negara tirai bambu ini?





Berkaitan dengan diplomasi bersifat soft power yang bersifat tidak memaksa, akhir-akhir ini Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi menyampaikan pidato yang berjudul "Tiongkok Yang Berkembang dan Diplomasi Tiongkok di lembaga survei Center for Strategic & International Studies (CSIS), Amerika Serikat (AS)". Dalam pidatonya, Wang Yi telah memaparkan lima tugas pokok diplomatik Tiongkok serta hubungan Tiongkok dan AS yaitu sebagai berikut :
  1. Diplomasi Tiongkok akan berusaha membantu semakin banyak negara dan masyarakat untuk menyadari dan mengerti sistem sosial dan jalan pembangunan pilihan rakyat Tiongkok
  2. Diplomasi Tiongkok bertugas memelihara ketertiban dan sistem internasional yang terbentuk pasca Perang Dunia II.
  3. Diplomasi akan berusaha semaksimal mungkin untuk melayani pembangunan dirinya sendiri. Mewujudkan target saling menguntungkan atau menang bersama melalui peningkatan konektivitas, kerja sama di bidang kapasitas produksi dan hubungan antar masyarakat dengan negara-negara lain. 
  4. Diplomasi bertugas membela kepentingan Tiongkok yang semakin meningkat di luar negeri. Pemerintah Tiongkok meningkatkan kemampuannya untuk membela kepentingannya di luar negeri sebagai tanggapan positif atas harapan rakyat. 
  5. Diplomasi Tiongkok akan bersikap lebih aktif untuk berpartisipasi dalam penyelesaian masalah titik panas internasional dan regional
Tetapi sebenarnya, soft power diplomacy tidak akan bisa berjalan jika tidak diimbangi dengan adanya hard power diplomacy juga demi mengantisipasi terjadinya hal-hal diluar dugaan. Tiongkok pun sebenarnya secara tidak sengaja juga mengembangkan militernya, maka dapat dikatakan bahwa Tiongkok juga menggunakan strategi diplomasi pertahanan.



Diplomasi ini tidak hanya melibatkan peran pemerintah saja, melainkan organisasi non-pemerintah, think tank dan masyarakat sipil. Diplomasi pertahanan bertujuan untuk memperbaiki hubungan antar negara baik melalui jalur-jalur formal maupun informal, dengan pemerintah maupun non-pemerintah dan dengan resiko dan biaya yang rendah. Diplomasi pertahanan, saat ini telah menjadi alat penting dalam kebijakan keamanan dan kebijakan luar negeri suatu negara. 

Cottey, A., & Forste mengatakan bahwa aktivitas-aktivitas dalam diplomasi pertahanan adalah sebagai berikut:
  1. Terjalinnya hubungan bilateral dan multilateral antara pejabat militer dan pejabat sipil pertahanan senior. 
  2. Penunjukan atase pertahanan di luar negeri
  3. Perjanjian kerjasama pertahanan bilateral
  4. Latihan bersama antara personil pertahanan militer asing dan sipil
  5. Penyediaan keahlian dan saran dalam kontrol demokrasi kekuatan bersenjata, manajemen pertahanan dan bidang teknis militer.
  6.  Pertukaran personil dan unit militer, dan kunjungan kapal
  7. Penempatan personil militer ataupun sipil di kementerian-kementerian pertahanan atau militer negara sahabat
  8. Penyebaran tim pelatih
  9. Penyediaan peralatan militer dan bantuan material lainnya
  10. Latihan militer bilateral ataupun multilateral  
Kesimpulannya, Tiongkok melaksanakan politik terbuka terhadap dunia luar secara menyeluruh, bersedia di atas dasar prinsip persamaan derajat dan saling menguntungkan mengembangkan hubungan perdagangan, kerjasama ekonomi dan teknik serta pertukaran ilmu dan budaya secara luas dengan berbagai negara dan daerah di dunia, untuk mendorong kemakmuran bersama. 


DAFTAR PUSTAKA :
  •  https://id.wikipedia.org/wiki/Negara_adikuasa_potensial
  •  https://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Rakyat_Tiongkok
  • http://pastikitamampu.blogspot.co.id/2013/12/china-bisa-jadi-negara-adikuasa-baru.html

7 komentar:

  1. Hebat sekali negara tiongkok . Mampu maju dgan jumblah penduduk yg sangat banyak.. Salut kak. Semoga indonesia bisa mencontoh yah kak. Makasih buat infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesiapun sebenarnya bisa menjadi negara berpotensi seperti Tiongkok, dilihat dari SDA yang melimpah, bahkan tambang emas terbesarpun ada di negara ini, Indonesiapun adalah negara satu-satunya negara berkembang yang mempunyai satelit sendiri, dan masih banyak lagi. Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan komentar, Dhilla! ^^

      Hapus
  2. daebak.... at first I thought you were only so into Korea-thingy. but by explaining this I don't know why but I think China can conquer the world someday. do you think so too?
    terimakasih informasinya, anyway!x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indeed..China has so many potential to become a superpower country ^^
      Thx for the positive comment!

      Hapus
    2. Oh, and one more thing!
      ........salam WENYOL

      Hapus
  3. Thanks infonya kak..
    Sangat bermanfaat sekali info dari blognya,jadi tambah tau tentang negara tiongkok..
    Banyak banyak share tentang negara lainnya,dan semoga negara kita bisa memanfaatkan sumber daya yg sudah ada agar tmbah maju juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, kak. Semoga pemerintah lebih bisa memberi perhatian lebih pada SDA dan SDM yg ada di negara kita. Terima kasih atas komennnya!^^

      Hapus