Senin, 12 Maret 2018

KEWIRAUSAHAAN

Semua orang tentu dapat memulai sebuah usaha bisnis, baik menawarkan jasa maupun menjual barang. Di era globalisasi seperti sekarang ini bahkan peluang bisnis dapat datang dari mana saja dan dilakukan oleh siapa saja terlebih anak-anak muda yang lebih familiar dengan gadget dan internet.
Usaha bisnis dapat dimulai dengan mengenali potensi diri sendiri terlebih dahulu dengan cara mengetahui apa kelebihan, kekurangan, kesempatan, serta ancaman yang saat ini ada dalam diri masing-masing. Dengan metode tersebut akan muncul ide bisnis yang mungkin dapat dijalankan sesuai kemampuan.
Menggunakan metode SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats) penulis berusaha mengenali potensi yang ada untuk memikirkan peluang bisnis.
Strengths atau kekuatan, dimana saya selalu menekuni apapun yang saya sukai, mempunyai sifat teliti bahkan sampai kepada tahap perfectionist. Selain itu semua, saya sedang menekuni seni gambar yang membuat saya nyaman akhir-akhir ini.

Dilihat dari kelemahan atau  weakness, saya merupakan orang yang pesimis dan gampang sekali terpengaruh dengan kritik dan komentar buruk. Nah, selain menjadi sebuah kekuatan ternyata sifat perfectionist saya justru dapat menjadi sebuah kelemahan pula dimana sifat perfectionist justru membuat saya mengerjakan sesuatu dengan sangat lama.

Peluang atau opportunities. Dengan adanya teknologi yang sudah maju dengan pesat, muncul peluang dimana saya bisa menghasilkan karya dengan cuma-cuma menggunakan aplikasi menggambar yang ada di smartphone. Teknologi juga membantu saya untuk bisa up-to-date mengenai apa saja barang-barang yang saat ini sedang marak di pasaran dan memikat rasa tertarik kalangan muda. Selain itu teknologi juga memungkinkan saya untuk menjual sebuah produk hasil desain karya sendiri.

Yang terakhir, point threats atau ancaman adalah hal yang mungkin bisa diprediksikan atau ketakutan di masa depan. Untuk saya sendiri, saya takut apabila desain yang saya buat dengan style menggambar saya tidak dapat diterima oleh banyak orang.
Setelah menggunakan metode SWOT, visi juga boleh diimbuhkan dengan tujuan penyemangat. Visi penulis adalah ingin memulai suatu usaha bisnis perlahan namun pasti. Dengan berani mengambil semua peluang yang ada serta melawan kelemahan dalam diri.

Nah, melalui pemaparan di atas akan muncul pemikiran atas peluang bisnis yang memungkinkan. Bagi saya, peluang bisnis yang ingin dijalankan adalah menjual suatu produk sehari-hari dengan desain simpel yang dapat dinikmati oleh segala umur. Seperti contohnya mendesain tempat air minum, pin, handphone case, pouch, tape, buku, headband, dan lain-lain. Selain itu membuat stiker juga menjadi pilihan kedua dimana pembeli dapat menempelkan stiker dimana saja sesuka hati, dengan begitu selera mereka dapat disesuaikan dengan sendirinya. 
Sekali lagi, internet berperan dalam peluang bisnis yang ingin saya jalankan yaitu dalam proses iklan dan pemasaran. Melalui media masa, produk akan dikenalkan kepada semua orang. Setelah itu, pembeli dapat memesan melalui internet pula atau biasa dikenal sebagai online shop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar