Sabtu, 02 April 2016

DIPLOMASI BUDAYA KOREA SELATAN



 Republik Korea atau Daehan Minguk biasa dikenal dengan Korea Selatan adalah salah satu negara yang berada di Asia Timur. Negara yang mempunyai makanan khas kimchi tersebut merupakan salah satu negara yang kaya akan budaya. Budaya-budaya yang ada meliputi baju adat, rumah, makanan, bahkan kebiasaan rakyat Korea Selatan.

Tiap negara mempunyai caranya sendiri dalam mendiplomasikan budaya masing-masing, begitu juga dengan Korea Selatan.


Di tahun 2016 ini, teknologi merupakan hal yang kita jumpai sehari-hari, bahkan manusia jaman sekarang sangat sulit untuk bertahan hidup tanpa adanya teknologi. Kemajuan teknologi yang ada di era globalisasi inilah yang dimanfaatkan oleh Korea Selatan sebagai media dalam mendiplomasikan budaya mereka. Remaja-remaja dari negara lain adalah sasaran empuk yang akan ditembak oleh strategi diplomasi budaya Korea sebagai pengguna setia media sosial.

Bagaimanakah cara Korea Selatan dalam mendiplomasikan budaya nya? 

Pernah mendengar istilah "Hallyu" dan "Korean Wave"?

 


Korean wave atau  bisa disebut Hallyu adalah sebuah fenomena global yang sedang populer beberapa decade ini. Hallyu adalah sebuah istilah untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia. Orang-orang yang sudah terkena oleh sihir hallyu ini akan memiliki rasa ingin mempelajari kebudayaan-kebudayaan yang ada di Korea Selatan. Hallyu juga mempunyai tujuan yaitu membentuk citra positif Korea Selata di muka dunia, serta membawa pesan-pesan bahwa penyebaran kebudayaan bukanlah ancaman bagi negara-negara lain

Keberadaan hallyu pun telah mendapat respon yang positif dari pemerintah Korea Selatan, dibuktikan dengan diresmikannya KOFIC. KOFIC adalah sebuah organisasi khusus yang dipercayai oleh Kementrian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Republik Korea. KOFIC sendiri mempunyai tujuan utama, yaitu untuk mempromosikan dan mendukung produksi film-film Korea. Dukungan tersebut disalurkan melalui pendanaan, pengembangan kebijakan, penelitian, pendidikan, dan pelatihan professional. 

Bagaimana fenomena Hallyu ini dapat menyebarkan budaya Korea ke penjuru dunia?

 

Media massa sangat berperan besar dalam penyebaran budaya Korea Selatan. Hallyu sendiri menularkan virusnya melalui cara-cara yang dapat diterima oleh siapapun. Jaringan televisi kabel Channel M, One, KBS World dan sebagainya merupakan jaringan televisi kabel yang sudah masuk di berbagai negara. Beberapa channel yang ada ditayangkan disertai dengan adanya terjemahan bahasa Inggris, jadi penonton dari berbagai negara dapat menerima dan mengerti dengan baik. Melalui media massa ini, Korea telah menyebarkan budayanya dengan menayangkan acara-acara seperti drama korea, acara musik K-Pop yang sudah banyak digandrungi oleh remaja-remaja di penjuru dunia, serta penayangan program-program yang mempromosikan pariwisata Korea Selatan. 

Apa sajakah dampak dari Korean Wave?


Dampak dari adanya hallyu sendiri sangat dapat kita rasakan di Indonesia. Korean wave sudah menjadi tren dan banyak mempengaruhi masyarakat di Indonesia. Hal ini mengakibatkan munculnya boy band dan girl band yang berorientasi Korea, contohnya seperti Smash, Treeji, Seven Icon, Cherrybelle, dan lain-lain. Contoh yang paling tepat atas dampak K-Pop yang ada adalah sempat terjadinya demam Gangnam Style Dance yang mewabah bukan hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia. Selain itu, komunitas-komunitas pecinta budaya Korea pun juga bermunculan di mana-mana. Bukan hanya itu, Hallyu juga membawa pengaruh dalam berpakaian, tata rambut, juga kebiasaan berbahasa. Tidak sedikit orang-orang Indonesia yang terseret arus hallyu bisa mengerti bahasa Korea, bahkan menulis menggunakan huruf Korea atau disebut dengan Hangul. Banyak juga orang-orang di Indonesia yang berbondong-bondong pergi ke Korea untuk mengenyam pendidikan, maupun bekerja.

Melalui film dan drama yang ditontonpun, Korea sering kali mengangkat latar waktu masa lampau, seperti kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Korea dan fenomena-fenomena bersejarah yang pernah terjadi di sana. Di dalam film dan drama tersebut sering kali muncul rumah-rumah adat, baju adat, serta tokoh-tokoh besar yang bersejarah. Tidak hanya itu, tempat-tempat wisata seperti Han River, Namsan Tower, Pulau Jeju, dan masih banyak lagi. Dengan tidak langsung, Korea Selatan seolah-olah menarik para penonton film dan drama untuk datang dan menengok langsung keadaan bangunan bersejarah yang ada maupun kondisi Korea Selatan saat ini. Makanan khas Koreapun juga banyak di jual di Indonesia. Tidak hanya makanan, tetapi juga produk-produk lain yang sangat menarik minat Korea Lovers.

Untuk Korea Selatan sendiri, dengan adanya Korean Wave, Korea Selatan akan menjadi sangat maju dalam aspek perekonomian, pariwisata, industri, juga devisa negara.

Lalu apa jenis Diplomasi Kebudayaan yang diterapkan oleh Korea Selatan?

 

Tujuan diplomasi budaya yang dilakukan oleh Korea Selatan adalah untuk terciptanya landasan persahabatan yang membimbing bangsa-bangsa menuju perdamaian. Dengan adanya tujuan tersebut, strategi diplomasi Korea Selatan cenderung mengusung unsur seni, dan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan yang lembut dan tidak memaksa. Maka dapat dikatakan bahwa Korea Selatan menggunakan strategi diplomasi Soft Power Cultural Diplomacy. Dalam mencapai tujuannya, Korea Selatan lebih menutamakan attraction daripada tekanan, dan membuat pihak lain mengharapkan apa yang dia harapkan.

Korea adalah salah satu congoh negara yang sukses melakukan diplomasi budaya menggunakan strategi Soft Power. Korea Selatan berhasil menunjukkan bahwa negara dengan Soft Power yang kuat disertai dengan niat yang baik dan tidak ingin menghancurkan bangsa disekitarnya, akan menginspirasi bangsa-bangsa lain untuk mudah menerima kebudayaan tersebut untuk masuk ke negaranya.

Rhea Agasta Viandalova
15430005 

7 komentar:

  1. wah demam korea selatan memang sangat luat biasa yah kak. Bagus sekali tampilannya . Baru tahu saya tentang budaya korsel. Tampilan blognya bagus sekali kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sist, terima kasih atas feedback yang positif. Saya akan lebih mengembangkan blog ini ke depannya :)

      Hapus
  2. as an IREL-ian, harus care sama diplomasi banyak budaya dan indeed, ini sangat helpful! gamsahamnidaaa<3

    BalasHapus
    Balasan
    1. As one of girl group member, I really thankful for ur positive comment. Saranghaeyo. Jalmeoggeseubnida. Annyeonghaseyo. Salam metal.

      Hapus
  3. Bagus sekali kak, jadi tambah tau soal budaya korea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak atas pujiannya. Super sekali

      Hapus
  4. Good job girl..
    If I have enough money, someday I'll visit Korea for sure..I love Korean food too..

    BalasHapus